Selasa, 02 Juni 2015

Proposal Cyber Public Relations PT. Unifood Parahyangan - Bandung

I     LATAR BELAKANG

A.  PT. Unifood Parahyangan

Sebagai produsen makanan dan minuman yang cukup terkemuka di wilayah Jawa Barat, PT Unifood Parahyangan telah mampu memproduksi dan terus mengembangkan berbagai produk makanan dan minuman. Eksistensi PT. Unifood Parahyangan dalam memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman berkualitas yang telah terbukti dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan menyediakan makanan dan minuman sehat dan bernilai gizi tinggi yang kehadirannya selalu mendapatkan tempat dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen khususnya di wilayah Bandung dan Jabodetabek.

B.   Sejarah Dan Perkembangan PT. Unifood Parahyangan

Didirikan di Bandung pada tanggal 3 Juni 1990 oleh H. Endang Sukendang merupakan salah satu pioneer industri makanan dan minuman terkemuka di Jawa Barat yang awal mulanya berkonsentrasi dengan mengelola hasil pertanian masyarakat lokal khususnya petani di daerah Cihampelas dan sekitarnya. PT. Unifood Parahyangan berhasil membuat serta mengemas makanan tradisional, bahan dan hasil pertanian yang dihasilkan petani setempat menjadi salah satu produk andalan di Provinsi Jawa Barat terutama di wilayah Bandung dan sekitarnya. Berbagai produk makanan dan minuman telah diproduksi, didistribusikan, dan kini telah beredar luas ditengah masyarakat, beberapa produk diantaranya adalah:
  1. Selai Pisang parahyangan
  2. Keripik Talas parahyangan
  3. Keripik Singkong parahyangan 
  4. Jamu Akar Alang parahyangan
  5. Somay Instant parahyangan
Selain produk makanan dan minuman tersebut diatas, PT. Unifood Parahyangan sebagai sebuah perusahaan yang tengah berkembang pesat yang memiliki lebih dari 1.300 karyawan, saat ini tengah dalam persiapan untuk merelease 10 produk terbaru terdiri dari 8 produk makanan ringan dan 2 produk minuman kemasan dengan harapan mampu menambah ragam dan pilihan bagi konsumen dalam memilih produk makanan dan minuman yang saat ini tengah ada dipasaran. Namun demikian PT. Unifood Parahyangan senantiasa berpedoman kuat terutama dalam menghasilkan produk-produk yang selalu mengedepankan kualitas gizi baik, kesehatan konsumen dan mutu produk.

C.   Divisi Public Relations PT. Unifood Parahyangan     

Divisi Public Relations PT. Unifood Parahyangan pada dasarnya memiliki peranan dan tanggung jawab khusus dalam menjalin relasi yang baik dengan publik, dengan demikian bahwa Divisi Public Relations PT. Unifood Parahyangan sebagai bagian dari divisi perusahaan yang memiliki keterkaitan erat dengan fungsi manajemen selalu berusaha untuk menjaga dan membangun hubungan yang baik dan bermanfaat antara perusahaan dengan publik, baik di internal maupun di eksternal publik yang keberadaannya mampu mempengaruhi tingkat pencapaian dan keberhasilan perusahaan. 

Secara umum Divisi Public Relations PT. Unifood Parahyangan menilai bahwa media massa memiliki peranan penting bagi kemajuan dan perkembangan perusahaan, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang. Dalam hal kegiatan kehumasan, Divisi Public Relations telah melakukan pengamatan secara komprehensif terhadap penggunaan media online berbasis internet/intranet sebagai sarana pendukung dalam memaksimalkan terlaksananya berbagai fungsi, program dan tujuan Divisi Public Relations demi tercapainya Visi dan Misi perusahaan.

D.   Pentingnya Cyber Public Relations

Ada beberapa aspek dan pertimbangan yang diambil  sehingga Divisi Public Relations PT. Unifood Parahyangan merasa perlu untuk menjalankan strategi Public Relations khusus dengan menggunakan media online berbasis internet/intranet diantaranya:

  1. Bahwa Cyber Public Relations dalam aktivitas Public Relations pada umumnya memiliki jangkauan lokasi dan audiens yang lebih luas, pertimbangan tersebut juga dikuatkan oleh hasil survei oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mengatakan bahwa Indonesia menduduki posisi keempat dalam jumlah pengguna internet terbanyak di Asia yaitu mencapai lima puluh lima juta atau 22.3 persen dari jumlah penduduk pada tahun 2011 dan diperkirakan mecapai 50 persen dari jumlah penduduk pada tahun ini.
  2. Bahwa dalam sebuah aktivitas Public Relations perlu mengedepankan aspek kecepatan (real time) dan ketepatan informasi.
  3. Bahwa dalam sebuah aktivitas Public Relations diperlukan pola komunikasi yang konsisten yang mampu memberikan kemudahan akses informasi kapanpun dan dimanapun informasi terkait perusahaan/produk dibutuhkan tanpa ada kendala geografis (no boundaries).
  4. Bahwa dalam sebuah aktivitas Public Relations perlu mengedepankan unsur Interactivity yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah sehingga publik atau audiens dapat memberikan feedback secara langsung dan cepat.
  5. Bahwa dalam aktivitas Public Relations penggunaan pesan multi media baik yang berupa tulisan, suara (audio), atau audio-visual (video) dan lain sebagainya mampu meningkatkan minat publik/audiens terhadap informasi yang disampaikan.
  6. Komunikasi dengan memanfaatkan media online berbasis internet/intranet mampu menekan biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan baik yang terkait publisatas perusahaan maupun produk-produk yang dihasilkan.
II.     Tujuan Dari Implementasi Cyber Public Relations

Sebagai perusahaan yang  sedang berkembang pesat yang tengah melakukan berbagai pegembangan produk serta ekspansi pasar ke daerah-daerah lain di Indonesia maka diperlukan sebuah strategi Pemasaran dan Public Relations yang tepat dan efektif, salah satunya adalah dengan menggunakan metode Cyber Public Relations yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan media dan teknologi informasi yang ada pada saat ini sehingga tercipta sebuah relasi, reputasi yang baik serta memiliki relevansi antara perusahaan dengan publik/audiens.

Dengan demikian, maka implementasi Cyber Public Relations oleh Divisi Public Relations secara lebih mendalam bertujuan guna memberikan kemudahan akses informasi, kecepatan dan ketepatan informasi yang baik (real time) bagi publik, dipadukan dengan konsep serta pola komunikasi interaktif yang dikemas dengan berbagai bentuk pesan multi media. Hal tersebut menjadi perhatian penting bagi Divisi Public Relations PT. Unifood Parahyangan mengingat kebutuhan publik/audiens terkait informasi tentang perusahaan, produk serta setiap kebijakan yang dikeluarkan perusahaanan mampu mempengaruhi citra dan tingkat kepercayaan publik terhadap perusahaan.

III.    Bentuk Kegiatan Cyber Public Relations

Sebagai bentuk kegiatan kehumasan yang menitik beratkan pada penggunaan media baru (media berbasis internet), Divisi Public Relations PT. Unifood Parahyangan sejatinya telah melakukan pemetaan terhadap publik/audiens baik di internal maupun eksternal publik, dengan demikian barbagai program yang merupakan bentuk implementasi metode Cyber Public Relations mampu mencapai targetnya serta mampu memenuhi keinginan dan harapan kedua belah pihak baik perusahaan maupun publik/audiens.

Bentuk-Bentuk Kegiatan:

Terhadap Internal Perusahaan meliputi:
  • Pembuatan internal e-Magazines
  • Pembuatan dan publikasi buku kepegawaian menggunakan format digital
  • Publikasi online malalui jaringan internet/intranet perusahaan
Corporate Public Relations meliputi:
  • Pembuatan website resmi perusahaan yang terintegrasi dengan beberapa situs jejaring sosial
  • Really Simple Sindication (RSS) melalui email
  • Pemanfaatan/Pembuatan Akun di situs jejaring sosial www.facebook.com dan www.twitter.com
  • Pemanfaatan/Pembuatan Akun di situs berbagi video www.youtube.com
Customer Relations/Marketing Public Relations meliputi:
  • Pembuatan e-Brosur
  • Pembuatan e-Katalog 
  • Editorial Promotions

IV.  Staff dan Tugas Cyber Public Relations
  • Corporate Blogging Team - Bertugas membuat tulisan (posting) terkait perusahaan, review produk, dan berbagai pengumuman penting bagi publik.audiens untuk dimuat di website perusahaan dan lain sebagainya.
  • Social Media Community Manager - Memiliki tugas diantaranya berinterkasi dengan publik/audiens untuk memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan misi perusahaan, menjaga reputasi brand dimata publik/audiens, memberikan pelayanan customer service yang baik terhadap publik/audiens.
  • Internet Marketing Specialist - Memiliki tugas diantaranya menciptakan iklan (menyampaikan promo produk) diberbagai media di internet, mengoptimalkan website/produk dalam mesin pencarian, membuat dan mengirimkan penawaran produk kepada audiens dan lain sebagainya.
  • Media Content Team - Bertugas membuat e-Magazines (sebagai tim redaksi), e-Brosur, e-Katalog dan lain sebagainya.

2 komentar: